Senin, 08 Juni 2015

Recognition Rather than Recall – WaralabaKu.com



Membuat objek, aksi, dan pilihan yang ada visible (jelas).

1. Ringkasan Masalah

Website ini masih menyajikan objek dan pilihan yang masih belum sempurna dan belum jelas untuk pengguna.

2. Deskripsi Masalah

a. Penggunaan hyperlink pada sidebar yang berbentuk seperti checklist  

Pada sidebar, terlihat seperti gambar berikut bahwa bentuk dari isi sidebar User Menu dan Direktori Waralaba adalah checklist, padahal ini adalah tautan / hyperlink dan tidak bisa di checklist. Sehingga menjadi tidak sesuai yang dapat menyebabkan pengguna menjadi bingung.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


b. Pengguna harus mengisi dari awal semua data dalam formulir ketika terjadi kesalahan

Pada bagian footer website, terdapat tautan “Hubungi Kami”. Ketika menuliskan kode verifikasi pada Form Direct Mail yang tidak sesuai dengan gambar, tidak ada pemberitahuan diawal bahwa itu tidak sesuai. Ketika di kirim, ada pemberitahuan bahwa verifikasi gambar salah. Kemudian, form yang sudah pengguna isi sebelumnya semuanya hilang, dan pengguna harus mengisi kembali dari awal.







3. Rekomendasi Perbaikan

a. Lebih baik untuk sidebar seperti di atas dibuat dalam point list, jangan checklist, karena dapat mengakibatkan salah persepsi oleh pengguna nantinya.

b. Ketika terjadi error atau kesalahan dari pengguna dalam pengisian sebuah formulir, sebaiknya data yang telah diisikan tidak hilang ketika pengguna ingin memperbaiki kesalahan tersebut.

4. Severity Rating

Menurut Nielsen (1995b), severity rating itu terbagi ke dalam 5, yaitu :



Untuk masalah ini, saya memberikan severity rating sebagai berikut :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar