Dialog seharusnya tidak mengandung informasi yang
tidak relevan atau tidak terlalu diperlukan.
1.
Ringkasan Masalah
Website masih menyajikan beberapa informasi yang
tidak relevan atau tidak terlalu diperlukan.
2.
Deskripsi Masalah
a. Terlalu
banyaknya iklan dan gambar dinamis
Terlalu banyak iklan, gambar baik yang bergerak
maupun tidak, yang terlalu heboh dalam satu halaman utama dapat menyebabkan
ketidaknyamanan pengunjung.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
b. Sidebar
yang lebih panjang kebawah / tidak sesuai dengan ukuran body website.
Ketika scroll ke bawah dan konten website pada
body website sudah tidak ada lagi, namun iklan pada sidebar masih panjang ke
bawah.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
c. Typefont yang terlalu kecil
Dengan typefont yang terlalu kecil menyebabkan
pengguna sulit untuk membacanya bahkan menjadi malas untuk membacanya.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
d. Penggunaan tipografi yang berlebihan
Pada website ini, dalam Menu Konsultasi Waralaba
masih terdapat penggunaan tipografi yang kurang baik, seperti terlihat pada
gambar berikut. Kurang tertata dengan rapi, mulai dari whitespace, tulisan yang
menggunakan huruf bold, hingga tulisan dengan huruf kapital semuanya.
3.
Rekomendasi Perbaikan
a. Sebaiknya kurangi iklan maupun gambar dalam
bentuk dinamis pada website, terutama pada halaman utama. Karena pada halaman
utama, adalah pertama kali pengguna menciptakan persepsinya tentang website
yang sedang ia kunjungi.
b. Sidebar sebaiknya jangan diisi dengan iklan.
Melainkan, lebih baik diisi dengan point-point penting yang kira-kira sering
dan sangat dibutuhkan pengguna. Sidebar juga harus sesuai dengan panjang konten
isi.
c. Typefont untuk kasus seperti isi tabel pada
“Daftar Kata Kunci/Tag Waralaba terpopuler” lebih baik agak ditambah, 1 atau 2.
Antara hyperlink juga agak diberi jarak, dengan tujuan mencegah terjadi
kesalahan pengguna.
d. Seharusnya penggunaan tipografi lebih
diperhatikan. Sebaiknya di dalam Menu Konsultasi Waralaba, konten awal dapat
dikemas dalam satu paragraf yang mengandung point-point penting, tidak
menggunakan huruf yang bold dan kapital, jika tidak begitu perlu.
4.
Severity Rating
Menurut Nielsen (1995b), severity rating
itu terbagi ke dalam 5, yaitu :
Untuk masalah ini, saya
memberikan severity rating sebagai berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar